Selasa, 30 Maret 2010

www.000webhost.com

Bila Anda ingin mempunyai situs sendiri Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal, Anda bisa memanfaatkan fasilitas gratis yang diberikan000webhost.000webhostadalah perusahaan Webhosting berkualitas yang yang menyediakan webhosting dengan fasilitas Cpanel dan kecepatan server yang lumayan cepat dan stabil dan tak kalah dengan hosting berbayar, dan yang paling menarik yaitu semua fasilitas itu bisa kita manfaatkan dengan membayar 0 dollar alias gratis.

Apabila suatu saat Anda ingin menambah kapasitas penyimpanan, Anda juga bisa meng-upgrade-nya dengan account berbayar. Namun hal itu tidak perlu dilakukan kalau Anda ingin membuta blog pribadi/website pribadi.

Berikut langkah-langkah setting domain Anda pada pada 000webhost :

1. Pastikan Anda sudah memiliki Domain dan menyeting DNS-nya atau server DNS seperti pada postingan yang lalu Panduan Pendaftaran Domain.

2. Klik 000webhost dibawah ini untuk Login atau sign up. (Saran: Gunakan alamat email gmail.com, jangan lupa catat baik-baik password Anda!)

Free Website Hosting

3. Masuk menu “manage Domain” dan klik create new dan klik GO.

Pada isian account detail :

“I want host my own Domain” isi dengan nama domain yang telah Anda miliki misal : “domain-nama-Anda-tadi.co.cc” Kemudian isi Choose password : isilah dengan password yang Anda inginkan, Kemudian klik set up. (Catat baik-baik password Anda!)

4. Selanjutnya ada konfirmasi seperti pada gambar di bawah. Jangan lupa mencatat nama domain, username dan passwordAnda untuk kepentingan Anda mengkases Cpanel dan mengelola file Anda pada account Web-hosting Anda nantinya.

5. Set up selesai dan Anda sudah bisa mengakses Cpanel Anda. Set up Anda akan berfungsi paling lama 2 x 24 jam, atau setelah tanda seru pada cpanel hilang. Pada bagian ini, diharap kesabaran Anda. Cek esok hari apakah semua sudah beres, cek email Anda untuk mengaktifkannya.

Saran: Gunakan Alamat email seperti xxxxx@gmail.com. Anda bisa mendaftar dihttp://mail.google.comapabila belum memiliki akun Google Mail.

Setelah pendaftaran selesai dan Anda dapat mengakses Cpanel anda, sekarang saatnya mengupload file CMS atau content management system (mesin yang akan Anda gunakan untuk mengolah content/isi website Anda).

Terdapat tiga cara untuk menyetting CMS pada webhosting 000webhost.com.

1. Dengan menggunakan Fantastico Autoinstaller

2. Cara manual

3. Website builder

Saran saya menggunakan cara kedua yaitu cara manual, karena pada 000webhost.com saat ini program fantastico sedang mengalami masalah. Sedangkan cara ketiga menurut saya kurang menarik karena tidak ada banyak pilihan dalam mengolah website Anda nantinya. Tetapi itu semua terserah Anda memilih cara yang mana.

6. Set up selesai dan Anda sudah berhasil memiliki situs dan Anda sudah bisa mengakses situs Cpanel Anda tersebut.

INGAT, waktu yang diperlukan untuk mensinkronisasi atau menghubungkan server domain dan web host paling lama adalah 2×24 jam. Jadi untuk bisa melihat tulisan Cpanel, Anda diharap sabar dahulu, cek esok hari dan sewaktu mengeceknya, selalu klik tombol “activate my account”, dan cek apakah ada E-mail yang masuk pada akun Anda untuk notifikasi.

0 komentar:

Posting Komentar